Wednesday, April 9, 2008

Heidelberg Anicolor Inovasi Baru

Anicolor short inking unit mampu menekan waste mendekati 90% dan waktu persiapan ditekan lebih dari 40%.
Mesin Heilderbeg yang dilengkapi teknologi Anicolor, sudah terjual lebih dari 60 unit Speedmaster SM 52. Beberapa percetakan di dunia yang memasang teknologi ini memiliki nilai kompetisi lebih baik dibanding mesin yang lain.Permintaan meningkat terutama untuk Negara Amerika Serikat, Jerman, Swiss,dan Ingrris.Tahun 2000 ini Anicolor teknologi memperoleh penghargaan dari US PIA/GATF (Graphic Art Technology Foundation) untuk kategori penemuan teknologi baru. Tahun lalu, juga mendapat penghargaan dari majalah Deutscher Druker untuk pemenang Penemuan Baru Tahunan,(Annual Inovation Award).
Percetakan Taylor Coporation, Yang berpusat di Makanto selatan, Minnesota, sudah memesan 6 mesin cetak dengan teknologi Anicolor. Empat diantaranya sudah beroperasi di kantor pusat dan 2 lagi akan dipasang di kantor cabang.
Taylor berada di lebih dari 50 lokasi di beberapa kota di Amerika, produksinya focus ke tiras kecil menegah yang digunakan untuk keperluan komersial, seperti business card, brosur, flyer, dan lain-lain. Hampir 95% ordernya bertiras kurang dari 1000 lembar. “Mesin cetak dengan teknologi Anicolor adalah investasi yang sangat baik yang pernah kami lakukan”, Komentar Craig Krone, Kepala produksi di percetakan Taylor.”Waktu persiapan kami lebih singkat dari semula 15 menit menjadi 7-8 menit dan warna sudah kami dapatkan pada lembar ke 20 atau 25,” dia menambahkan.Dengan rata-rata 5 kali ganti pekerjaan (job) per jam, ini menunjukan bahwa mesin ini bekerja dengan produktif. “ Keunggulan teknologi Anicolor dibanding cara kerja konvensial offset adalah warna lebih konsisten dapat dicapai sampai pekerjaan selesa,tidak peduli berapa tirasnya. Operator cetak tidak perlu sering mengatur warna, sehingga tugasnya dapat dimanfaatkan untuk pekerjaan yang lain,” jelas Krone.
Mesin cetak Anicolor juga mengejutkan sebuah percetakan di Inggris. Salah satu percetakan itu adalah Doveston Press yang berlokasi di Bristol, dimana baru saja menerapkan teknologi CTP dan digital printer. Percetakan ini sekarang menggunakan 2 cara sekaligus, offset atau digital yang sama-sama cepat,untuk pekerjaan tiras kecil menengah.Sistem Anicolor offset digunakan untuk pekerjaan dengan tiras 500 dan digunakan juga untuk memproses coating.Pekerjaan cukup bervariasi dari mulai brosur, flyer, poster kartu ucapan dan lain-lain. “ Waste kertas dan tinta sangat irit,” komentar Kepala prosduksi,Mark Savage.
Mesin cetak beroperasi 6 hari dalam seminggu,dan mencetak 1,5 juta cetakan setiap bulan.
The speedmaster SM 52 dengan teknolgi Anicolor, juga menarik perhatian khusus pada setiap acara open house Heilderbeg dalam tahun ini di Jerman. Pembeli sudah antri untuk melihat demonstrasi Anicolor.
Mencetak dengan Anicolor, waste berkurang banyak dan lebih ramah lingkungan.
Heilderbeg memperkenalkan Anicolor inking teknologi pada Speedmaster SM 52-4 warna pada Ipex 2006. Dan kertas untuk cetak coba hanya berjumlah 10 sampai 20 lembar 9(tergantung dari motif cetakan). Artinya system ini dapat menekan wate sampai 90%. Pada kenyataannya,tidak ada lagi jalur tinta (ink zone) yang harus di setel,jadi mempersingkat waktu perisapan lebih dari 40% sehingga mampu menaikan kapasitas mesin 25% bahkan lebih.
Ini akan menambah keunggulan dari mesin ini, bahkan pada tiras kecil system ini menambah margin keuntungan. Tentu saja keunggulan ini juga berlaku untuk tiras besar. Point utama dari speedmaster SM 52 dengan Anicolor inking unit terletak pada system Anicolor countinuous dampenig system dan plate yang digunakan adalah plate konvensional biasa. Terlebih lagi bila semua proses cetak sudah terstandar- missal dengan prist color management- maka kekuatan Anicolor akan lebih dimanfaatkan.
Heidelberg menampilkan Speedmaster SM 5, 10 warna dengan perfecting dan Anicolor iniking unit, pada pameran IGAS di Tokyo. Mesin cetak ini maenggabungkan kelebihan cetak bolak balik dua muka sekaligus dan Anicolor- yang berhasil menekan waste hingga 90% dengan kualitad tinggi dan penintaan yang konsisten.

0 comments: