Wednesday, April 9, 2008

SENTRA CETAK JAKARTA SELATAN

Kini akan menuliskan tentang sentra-sentra percetakan di daerah Jakarta.Semua jasa percetakan yang akan ditulis disini bukan saja percetakan besar tetapi kebanyakan didaerah ini adalah percetakan dengan skala usaha kecil dan menengah. Bulan ini kami akan menelusuri usaha percetakan didaerah Jakarta Selatan kemudian bulan berikutnya bergantian antara Jakarta Barat,Pusat,Timur, dan daerah sekitar Jakarta seperti Tangerang,Bogor,Bekasi dan Depok. Artikel ini memberikan sedikit gambaran bahwa didunia percetakan terutama usaha kecil masih saja bertahan walau dengan kondisi yang belum begitu baik.
Tulisan ini tidak hanya mencakup kegiatan usaha percetakan itu sendiri tetapi juga memberikan gambaran kepada usahawan maupun pelanggan dapat memahami cara kerja usaha percetakan kecil menengah.
Bila kita menyusuri jalan dari mulai pasar ciuptat ke pasar kebayoran lama, maka kita akan menemui banyak sekali percetakan kelas kecil menegah tersebar di sepanjang jalan Ciputat raya sampai pasar kebayoran lama. Jangan khawatir meskipun di-kategorikan sebagai sentra kecil menengah tetapi semua pelayanan mulai dari jasa pra cetak sampai paska cetak dapat anda temui di sepanjang jalan tersebut.
Pagi itu sekitar pukul 8, udara agak sedikit bersahabat setelah beberapa hari terakhir kota di Jakarta diguyur hujan yang cukup deras di daerah Jakarta Selatan. Beberapa percetakan yang ditemui, ada yang masih tutup dan tentu saja ada yang sudah buka.
Beberapa karyawan percetakan masih terlihat asyik dengan makan pagi favorit bakmi ayam, nasi warteg dan gorengan singkong, ubi, pisang goreng, tempe,tahu dll.
Meskipun topik formalin dan borak gencar menerpa pedagang makanan tetapi tidak menyurutkan mereka yang harus datang pagi untuk mulai mengais rezeki di sector percetakan di Jakarta Selatan ini.

0 comments: